4

Aplikasi restoran – Kebanyakan dari pemiik bisnis pada umumnya sudah mengetahui apa itu ICT, Itu benar, ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology, dengan arti teknologi informasi seperti software dan hardware, berikut network serta yang lainnya. Yang selalu fokus kepada integrasi dari telekomunikasi, software hardware, dan komputer, sehingga memungkinkan user untuk mengakses, menyimpan dan berbagi maupun memanipulasi informasi. Kesatuan ini memakai jaringan seperti WAN, LAN dan MAN. Di masa sekarang yang sudah canggih seperti ini, sudah banyak restoran yang memakai sistem tersebut, yang dikenal dengan aplikasi restoran.

 

Dalam bisnis makanan ICT digunakan untuk mengelola pemesanan didalam kasir dan mengelola bahan makanan atau lainnya. Agar semua akan terperinci dengan detail antara penjualan dan sisa bahan, dan memfasilitasi pelayan dalam melayani pelanggan. Seperti yang sudah terbiasa bahwa sistem restoran atau rumah makan biasanya memakai sistem POS.

Berikut dibawah ini akan diberikan keuntungan dan kerugian dari penerapan ICT.

Keuntungan dan kerugian dari penerapan ICT dalam bisnis pada umumnya adalah sebagai berikut:

Keuntungan

  • Aplikasi SAP sistem ERP dan semua modul yang membuat proses bisnis lebih cepat dan real time dan mengurangi kesalahan karena kecelakaan data atau tidak sesuai antara bagian-bagian fungsional dengan bagian-bagian fungsional lainnya dari perusahaan.
  • Dengan CAD dan CAM dalam proses produksi membuat proses produksi lebih cepat, bersih dan terorganisir daripada dilakukan dengan tenaga manusia.
  • Dengan e-bisnis dan e-commerce untuk membuat penjualan dan pembelian menjadi lebih fleksibel (di mana saja, kapan saja). Demikian pula, e-banking untuk memfasilitasi transaksi nasabah. Selain e-bisnis dan e-commerce menghemat biaya kertas, biaya pemasaran, dll dan mempercepat semua proses bisnis yang ada untuk secara online (1 website) terhubung dengan sistem internal perusahaan.
  • Memfasilitasi interaksi dan komunikasi antara satu karyawan yang lain tanpa terhalang ruang dan waktu.
  • Jaringan dalam bentuk intranet dan extranet juga memfasilitasi hubungan antara perusahaan internet dengan perusahaan seperti pemasok, dll (B2B), perusahaan dan konsumen (B2C) dan konsumen ke konsumen (C2C). EDI (Electronic Data Interchange), memungkinkan pertukaran data dengan pihak eksternal, EDI juga digunakan untuk mendukung e-procurement (pembelian dengan pemasok melalui extranet).

Kerugian

  • Pengurangan jumlah tenaga kerja sejak digantikan dengan teknologi menyebabkan pengangguran meluas.
  • Hal ini dapat dikenakan biaya banyak untuk pembelian software, hardware, dll jika pembelian tanpa rencana pertama matang.
  • Untuk teknologi informasi menghilangkan batas ruang dan waktu, orang cenderung individualistik dan anti-sosial.
  • Karena kemajuan teknologi menyebabkan seseorang bebas untuk bekerja di mana saja maka kerugian adalah manajer atau supervisor akan sulit untuk memantau pekerjaan masing-masing orang.

 

Jadi sesuatu yang diciptakan pasti ada keuntungan dan kerugiannya, dan intinya penggunaan ITC akan sangat mempengaruhi usaha yang Anda jalani, baik dari sisi komersial atau sosial ini bertujuan untuk memfasilitasi setiap aspek yang terdapat dalam pekerjaan. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi restoran bisa kunjungi di http://wmotion.co.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *